Membuat Efek Urban dengan Adobe Photoshop

Saya pake adobe photoshop CS3..  dan kebanyakan tutorial photoshop ilmuphotoshop.com menggunanan Photoshop CS3..

Kemaren ada yang nanya, photoshop bisa dipake buat bikin efek urban seperti di Corel Draw atau Adobe Illustrator ga ? saya bilang bisa…. padahal waktu itu yang namanya efek urban saya blom tau kayak gimana.. hehehe.. sok tau ya.. tapi biarin aja.. toh dari foto menjadi gambar vektor aja bisa dibuat pake photoshop kok ( Ini link nya )… padahal bagusnya gambar vektor itu dibikin pake Adobe Illustrator atau Corel Draw .

Setelah saya search di google… jadi tau deh efek urban wujudnya kayak gimana… hmm .. gak update yaa saya…efek urban aja gak tau hehehe.. maklum lah pekerja kantoran mah susah bagi waktu buat update informasi.. halah.. facebook-an aja bisa ? nah lo.. :p

Ya udah.. sekarang kita coba buat yang namanya efek urban..

Di efek ini kita butuh bantuan Brush yang berbentuk Bunga, daun dan swirl.

Download dulu Brush nya >> Klik disini <<.

Cara Installnya :

Setelah di download.. extract file brush.rar pake WinRar. kalo blom ada winrar, Download winrar disini.

setelah di extract file Swirls_And_Flowers_Brushes.abr .. copy ke c://program files/adobe/photoshop/preset/brush/

Klik 2x file tersebut.. nanti kebuka photoshop nya kan ? nah brush nya sudah terinstall.. Congratulation!! :)

Sekarang buka dokumen baru .. kalo mau dijadiin wallpaper pake ukuran standard wallpaper aja 1024 px x 768 px

urban effect 1

klik gradient tool, buat radial gradient (warna terserah aja ya.. mau sama juga gpp kok.. gak dilarang )

urban effect 2

ini nanti fungsi nya sebagai background.

sekarang buka gambar yang mau dijadiin korban nya..

Saya pake gambar sepupu saya yang masih kecil ..

Seleksi objek dengan pen tool .. settingannya ada di bawah nih.. santai aja yaa nyeleksi nya.. biar nanti jadinya bagus.

urban effect 3

Kalo udah beres terseleksi , klik kanan > make selection

urban effect 4

kalo udah terseleksi, Drag gambar yang udah terseleksi ke dokumen baru yang dikasih warna gradient hijau. otomatis akan terbentuk layer baru (gambar objek yang tlah terseleksi)

di layer gambar : Klik Filter >artistic > Cutout ( settingan nya terserah yaa.. karena tergantung besar kecilnya gambar juga )

urban effect 5

klik Ctrl + J untuk menduplikat layer gambar.

urban effect 6

Klik 2x layer hasil duplikat tadi untuk menampilkan blending options , atau klik kanan > blending options

setting color overlay nya

urban effect 7

jangan dulu di OK ya.. sekarang lanjutin ke Outer glow

urban effect 8

Eits.. jangan dulu di OK.. setting juga stroke nya

urban effect 9

hasil sementara :

urban effect9a

buat layer baru di atas layer background .. klik layer > new > layer ..

urban effect 10

gunakan paint bucket tool untuk mewarnai layer baru tadi dengan warna putih.

urban effect 11

matiin kedua layer objek atau layer gambar .. dengan mengklik icon mata di pinggir layer.

Gunakan brush tool (softround 300 px, warna Hitam  ) untuk membuat bulatan seperti gambar.

urban effect 12

Klik Filter > pixelate > color halftone

urban effect 13

Klik Select > Color range

urban effect 14

sekarang terseleksi bagian dots nya kan ? nah untuk menghapus warna putihnya .. klik select > inverse .. lalu teken DELETE di keyboard. Tekan CTRL + D untuk menghilangkan seleksi

urban effect 15

Klik 2x layer dots tadi untuk mengeluarkan blending options.. atau klik kanan > blending option ..

edit color overlay nya..

urban effect 16

duplikat layer dots tadi dengan menekan ctrl +J , kecilin atau besarin ukurannya.. buat beberapa buah Dots.

ubah warna nya dengan mengganti warna di blending option > color overlay

urban effect 17

hasilnya :

urban effect 18

Sekarang kita beri starburst

tutorial nya ada disini : Efek Starburst

tapi sekarang saya buat dengan manual aja ya..

Klik Pen Tool .. Jenis pen : Shape layer, warna putih

buat seperti contoh dibawah ya..

urban effect 19

ubah layer efek menjadi overlay lalu  opacity dan fill sekitar 50%

urban effect 20

Buat layer baru di atas layer Shape 1 .. klik Layer > new > layer

sekarang kita bersenang-senang dengan brush yang tadi udah di install ..

Klik Brush tool .. klik kanan di area gambar nanti muncul brush option

klik jenis brush yang mau dipake : saya pake no 375 dan diameter 370 px

urban effect 21

klik di gambar sesuai kreatifitas masing-masing

urban effect 22

buat layer baru dan gunakan brush yang lain nya..

nanti ubah-ubah warna nya pake blending option > color overlay atau ubah layer effect nya jadi Overlay .. pokoknya semua terserah anda.. hehehe..

hasilnya :

urban effect 23

bisa juga diganti warna background nya..

urban effect 24

hasil dengan gambar lain :

efek urban

Selamat berkreasi deh ya.

Cara Melekin Mata yang tertutup waktu difoto

Ada kiriman file foto  dan minta dibuatin tutorialnya..  pas difoto orang nya  ngedip.. jadi merem deh hasilnya.. nah dia pengen fotonya dibuat melek.. hmm.. saya fikir lumayan juga buat pengetahuan karena banyak  hasil foto semacam itu..

Saya udah minta izin fotonya dipublish..

buka foto yang ada orang merem nya

melekin mata

Klik Polygonal lasso tool untuk menyeleksi mata orang yang lagi melek.. saya pilih yang berjilbab merah karena posisi matanya hampir mirip.. bagusan cari foto orang yang bersangkutan yang lagi melek.. tapi buat contoh gpp pake yang ada aja..

Seleksi di area mata yang berjilbab merah..

melekin mata 2

kalo udah terseleksi.. teken di keyboard CTRL + C untuk mencopy bagian yang terseleksi.. lalu tekan ctrl + V untuk paste.. otomatis akan terbentuk layer baru..

Drag ( klik sambil digeser ) hasil copy paste di layer satu ke bagian mata yang merem.. lalu samain ukuran dan posisinya..

melekin mata 3

Untuk meminimalisasi perbedaan warna  supaya tidak berdampak sistemik .. Klik Image > adjustment > brightness /contrass ..

melekin mata 4

bagian ini atur sendiri aja .. pokonya supaya keliatan mirip .. aja.. !

sekarang hapus bagian di daerah mata yang gak terlalu penting dengan eraser tool ( soft round yaa)

melekin mata 5

dan hasilnya:

melekin mata 6

.. Silahkan dicoba..

Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Photoshop

Ini kelebihan photoshop bisa menghilangkan kerutan di wajah..hebat kan?  ini berkat tool keren yang nama nya Healing brush tool .. dari namanya juga udah keliatan kok fungsi dari tool tersebut..  Healing = menyembuhkan artinya tool ini  untuk memperbaiki atau menyembuhkan sesuatu yang kurang.

Untuk menghilangkan jerawat bisa ga ? Jelas bisa dong.. nanti saya kasih contoh nya ya..

sekarang kita praktek langsung aja ya..

buka foto yang mau dibuat hilang kerutan wajah nya.. saya pake foto Om saya.. Om Sean Connery ..yang udah lumayan banyak kerutannya..

menghilangkan kerut 1

duplikat layer background dengan menekan ctrl + J .. tujuannya buat sebagai pembanding aja.. jadi keliatan perubahannya..

menghilangkan kerut 2

sekarang klik salah satu tool keren di photoshop Healing brush tool.. ukuran brush secukupnya aja..

menghilangkan kerut 3

cara pake nya ..

tekan ALT lalu klik di tempat yang gak ada kerutannya..

menghilangkan kerut 4

kalo udah tombol ALT nya lepas.. lalu klik di tempat yang berkerut-kerut

menghilangkan kerut 5

Ayo .. hilangkan semua kerutannya.. kalo bisa zoom..

hasilnya :

menghilangkan kerut 6

sekarang lihat perbandingannya :

menghilangkan kerut 7

simple banget kan ?  kalo tau caranya sih semua jadi simpel.. bener gak ?

sekarang liat wajah si mpok ini.. tadinya berjerawat akhirnya tanpa obat jerawat.. kulit nya jadi Muluuuuss lagi…

menghilangkan kerut 8

Selamat ber eksperimen..

Photo First Aid ( Pertolongan Pertama Pada Foto )

Sekarang kita tinggalin dulu efek-efek foto yang aneh-aneh.. hehehe.. saya mau berbagi pengalaman aja gimana cara memperbaiki foto yang gak sesuai dengan keinginan kita..

Kadang kita suka mengeluh kalo hasil foto gak sesuai dengan yang diharapkan… tapi selama foto itu gak ngeblur atau berbayang, gelap banget sampe gak keliatan objek nya, dan image size nya besar.. semua bisa diatasi dengan photoshop..

Foto yang nge-blur atau berbayang bisa juga diperbaiki.. hanya ada 1 cara nya.. Foto ulang !! hehehe..  sampe sekarang saya blum nemu software buat ngebetulin foto yang ngeblur atau berbayang..

Sekarang saya akan tulis tentang efek-efek yang bisa dipake buat ngebenerin foto yang gak sesuai dengan yang kita mau .. Efek ini biasa saya pake kok.. Efek nya sangat sederhana dan gampang diaplikasikan .. bisa untuk photoshop versi apa aja..  moga-moga bisa bermanfaat.

Membuat Foto Menjadi Lebih terang tapi Soft

Buka foto yang mau kita perbaiki

efek photo 1

Duplikat layer gambar /background dengan menekan CTRL + J

efek photo 2

Di layer hasil duplikat kita kasih gaussian blur..

Klik Filter > Blur > Gaussian Blur

efek photo 3

Lalu layer efek nya diubah menjadi Screen

efek photo 4

Hasil Akhirnya

efek photo 5

Cobain buat foto-foto Outdoor.. pasti keren.. ! Cara yang simple blum tentu jelek hasilnya.. tul ga?

Mempertajam Foto

Efek ini saya pake biasanya untuk foto-foto yang keliatan kurang kontras, atau kurang tegas warna nya atau kurang apa ya.. pokoknya kurang.. hehehe..

buka foto yang kurang

efek photo 6

Klik Image > Adjustment > Curve

efek photo 7

Klik Sample image to set Black point ( gambar icon nya Pipet dengan tinta hitam )

Klik di tempat yang berwarna gelap.. kalo kurang sesuai klik di tempat lain.. ( di test aja yaa .. sampe sesuai dengan selera )

efek photo 8

Kalo udah sesuai dengan yang diinginkan silahkan klik OK

hasil nya :

efek photo 9

Keliatan lebih tajem kan ? hehehe.. just Try it !

Membuat Background lebih Blur ( lebih Bokeh kalo kata orang Photo )

Buka foto dengan blur yang gak sesuai dengan keinginan

efek photo 10

Duplikat layer gambar atau layer background dengan menekan CTRL + J

efek photo 11

Klik Filter > Blur > Gaussian Blur

efek photo 12

sesuaikan radius nya dengan resolusi foto ( nilai radius gak usah sama )

Klik Eraser Tool , Klik kanan di gambar lalu pilih Soft Round dengan ukuran 200 px ( gak harus sama , tergantung resolusi foto juga )

efek photo 13

Hapus di objek gambar nya..

efek photo 14

hasilnya :

efek photo 15

Lebih ngeblur kan ?

Silahkan dicoba .. efeknya digabung-gabung juga bisa kok.. coba .. coba.. coba..

Photoshop tutorial : Foto Choki Sitohang dengan Efek Avatar

Hari ini tanggal 09 -03- 2010 bertepatan dengan hari jadi perkawinan saya ke 7….  gak terasa udah lama juga ternyata bersama mantan pacar saya…  mungkin karena terlalu bahagia .. hehe.. nanti malem mau romantic dinner ahh.. jangan pada ngiri ya..  :p ..

Kembali ke postingan .. sekarang saya mau posting efek film Avatar di Foto Choki Sitohang si Presenter Take Me Out dan Happy Song itu loh..  seperti biasa Sebelumnya saya minta maaf dulu ke Bang Choki Sitohang karena fotonya dipake buat belajar.. gak apa-apa kan bang.? Meski fotonya dibikin efek Avatar.. tapi bang Choki tetep ganteng kok.. :) .. buset cowo ngerayu cowo.. apa kata dunia?? hehehe..

gak kok .. ini sekedar permintaan izin aja, jangan sampe nanti ada masalah di kemudian hari.. bener gak ? kan gak lucu nanti tiba-tiba Choki Sitohang nuntut saya gara-gara fotonya dibikin Avatar..  terus tiba-tiba saya muncul di Infotainment.. beuh.. gak kebayang deh.. :p.

Tapi efek ini sekedar efek enhancement aja.. gak ngerubah bentuk foto asli nya.. seperti telinga di lebarin, hidung di gedein.. gak sama sekali…

Buka foto choki sitohang yang saya dapet dari google image..

avatar1

kalo mau image ukuran asli nya klik gambar dibawah nanti save..

choki sitohang

kalo udah dibuka foto nya tekan CTRL + SHIFT + U supaya warna nya jadi hitam putih.. atau desaturate.. atau klik image> adjustment > desaturate

avatar1-2

buat layer baru ( klik layer > new > layer ) dan warnai dengan warna Biru ( kode warna ada di gambar ) .. anggap foto di layer background udah hitam putih.. tadi saya kelewat hehehe..

avatar2

ubah layer effect nya menjadi color dan opacity jadi 50%

avatar3

sekarang gabungkan kedua layer tersebut dalam satu layer baru dengan menekan CTRL + SHIFT + ALT + E.. ubah mode layer menjadi color burn

avatar4

Klik Image> adjustment > exposure

avatar5

duplikat layer 2  dengan menekan CTRL + J ..  lalu beri efek Blur.. Klik filter > blur > gaussian blur

avatar6

buat layer baru ( klik layer > new > layer ) , warnai dengan warna hitam , Layer Mode jadi Soft light dan opacity sekitar 75%

avatar7

Duplikat lagi layer 3 dengan menekan CTRL + J .. ubah layer Mode menjadi Normal dan opacity jadi 90%.

avatar8

Klik Add vector mask untuk masking daerah yang diperlukan dalam hal ini daerah muka.

avatar9

klik brush tool .. klik kanan di gambar lalu setting brush nya

avatar10

warnai daerah muka dan leher di Vector mask yang tadi dibuat.

avatar11

Sekarang kita buat highlight di daerah muka dan leher .. Buat layer baru .. gunakan brush tool lagi.. warna foreground putih.. kecilin ukuran brush nya.. ( kira- kira aja ya ).. brush seperti contoh dibawah.

avatar12

klik Filter > blur > gaussian blur

avatar13

ubah layer mode menjadi  soft light.

avatar14

Klik add New Fill or Adjustment layer dibawah Layer palette.  lalu setting seperti gambar

avatar15

Cukup sudah settingan muka nya nya..

Sekarang kita lalukan pencerahan dan pewarnaan di daerah mata..

Duplikat layer Background ( foto Choki Sitohang tadi ) .. pindahkan layer duplikatan tadi ke paling atas..

avatar16

Klik Layer > Layer mask > HIDE ALL

Warnai bagian bola mata dengan warna putih.

avatar17

sekarang duplikat layer background copy .. klik kanan > duplikat layer

Klik Image > Adjustment > Hue/saturation

avatar19

warna jadi Ijo kan mata nya.. sekarang hapus yang putih nya aja.. klik di layer mask.. lalu warnai dengan warna hitam.. ( putihnya saja)

avatar20

sekarang kita buat titik-titik di bagian jidat, hidung dan pipi..

buat layer baru.. gunakan brush tool ukuran kecil .. warna putih ..  klik di setiap bagian yang mau di kasih bintik.

avatar21

Klik kanan layer 6 > blending option supaya keliatan glowing..

avatar22

opacity nya ubah jadi sekitar 75%

sekarang buat huruf AVATAR dengan menggunakan huruf Lithos Pro.. mungkin udah pada ada di windows masing-masing

avatar23

klik kanan> blending option layer huruf nya..

avatar24

Hasilnya :

avatar25

Perbandingan dengan choki sitohang yang asli

choki avatar

Selamat mencoba..