Membuat Komik RETRO dengan Adobe Photoshop


Sorry agan-agan sekalian.. karena kesibukan yang kian menjadi-jadi demi sesuap nasi dan membeli bawang yang harga nya selangit (padahal tanah kita tanah sorga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman istilahnya ) jadinya saya baru bikin tutorial lagi … maap eaaaa … :p

Dan tutorial nya pun yang gampang-gampang pula.. hehehe.. tapi lumayan keren kok..nama nya KOMIK RETRO..

sebelum buka photoshop, bagusnya sih install FONT buat komik nya dulu… silahkan download di : digitalstrip atau klik DISINI

extract file hasil download.. cara install font nya udah saya tulis di cara-install-font.txt

Kalo udah diinstall, boleh deh dibuka adobe photoshop nya..

Buka gambar yang mau diedit..

kalo mau gambar dengan ukuran asli yang saya pake, silahkan download ini :

Klik Image > Adjustment > Level , settingan sesuai gambar.

Klik FILTER > Artistic > Film Grain

Sekarang duplikat layer background dengan menekan tombol CTRL + J

di Layer hasil duplikat, Klik Filter > Pixelate > Kolor Color Halftone

ini tergantung dari ukuran gambar nya.. jadi nanti kalo beda gambar di coba-coba aja ya..

Ubah layer style menjadi Darken

hasilnya jadi seperti ini

Kita buat list atau border ..

Klik kanan layer background copy > Blending Options

Buat Ellips dengan menggunakan Ellips tool , nanti akan terbentuk layer baru secara otomatis

Kita buat list hitam di sekeliling ellips dengan cara Klik kanan layer ellips atau layer shape 1..

Drag Ellips sambil menekan tombol ALT untuk meng-copy ellips dan membuat layer baru secara otomatis..

Perkecil ellips hasil duplikat tadi

Ulangi sekali lagi untuk membuat ellips yang lebih kecil

Beri tulisan di Ellips dengan Type tool .. atur besar kecil nya FONT..

Oia.. jangan lupa pake font DIGITAL STRIP yang tadi udah di download dan install

dan hasilnya seperti ini

Selamat mencoba..

:: kalo ada yang gak sesuai dengan langkah nya .. silahkan tulis di komen yah

38 THOUGHTS ON “Membuat Komik RETRO dengan Adobe Photoshop”

  1. Hahahaha emang yg bikin Tutor mirip……


  2. kemana aja mas …jarang post





  3. broo minta email dong biar bisa contact jika ada apa”


  4. Mas, tolong di post dong jenis-jenis font yang menarik buat main photoshop, kyk tulisan Aqua, Disney dll.


  5. mantap om, mudah di mengerti


  6. Thnks…mas broo……
    keren neh,,,


  7. saya baru awam mempelajari photosop tolong bantuannya gan boleh minta no hp nya?
    atau fb atau ym gan,


  8. Ane mau coba ahhhh thks ilmunya mas bro


  9. OGK GAK SESUAI … ???


  10. keren apalagi modelnya stevie G


  11. keren mas brow..yg lain ada ka..??


  12. mas, fontnya namanya apa ya? seru tuh fontnya


  13. bisa jadi referensi kang


  14. mantap gan tutornya.. thanks


  15. terimakasi gan


  16. izin share ilmunya gan


  17. Keren tutorialnya gan,,,


  18. Mas kenapa Elips Tool Saya Warnanya Hitam,bukan putih gimana caranya untuk merubah warna menjadi putih mohomn bantuannya?


  19. mas bisa tukeran link gak?


  20. gilee yg gerrard kaya yg komen ini :D


  21. Keren abis mas,, thanks atas tutorialnya :)


  22. thank mas browW
    tutornya sangat amat jelas untuk dimengerti


  23. Update terus mas tutorialnya..


  24. bagus bener hasilnya makasih mas saya jadi bisa


  25. cuco mas simple banget, blog ini memang inspirator buat saya. gak bosen ane mampir2 dimari.


  26. molah bro


  27. thank mas brow….
    tutornya sangat amat jelas untuk dimengerti


  28. terima kasih infonya sangat bermanfaat bagi saya yang sedang belajar photoshop


  29. Mau coba tutorialnya, kayanya kalau di lihat & baca gampang… hehehe… tapi gk tahu nih kalau dipraktekin langsung.


  30. saya ga tau apa2, tolong ajari saya, saya ga tau apa itu photoshop, apa itu komik retro, saya hanya tau warnet, kira2 ada ga komik warnet, tolong dijelaskan ya kalau perlu tolong telpon saya langsung, ini no telpon saya: 087767645544. terima kasih


  31. ijin copas gan..


  32. Tutorialnya menarik dan manfaat banget..emang yang bikin tutornya mirip Steven Gerrard


  33. Mas Dilangkah yang pembuataqn elips tool ,, Ko tidak terjadi layer baru… jadinya bikin kata2 nya aga susah deh


  34. ternyata sederhana juga ya cuma pake filter film>grain. siplah


  35. mantap keren banget gan…!!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>